Bux7
BismaClix.com - Inovasi Baru PTC Indonesia

Jumat, 06 Mei 2011

Apple Kuasai Pasar Aplikasi

Jakarta - Bisnis aplikasi sedang naik daun saat ini. Menurut analisa IHS iSuppli, transaksi jual beli aplikasi untuk perangkat mobile, baik ponsel pintar maupun tablet di tahun ini mencapai US$ 3,8 miliar dan diperkirakan terus meningkat sampai US$ 8,3 miliar di tahun 2014.
IHS iSuppli menyatakan, setidaknya terdapat empat perusahaan yang memiliki toko aplikasi paling besar. Mereka adalah Apple dengan Apple App Store, Google melalui Android Market, Nokia Ovi Store, dan Research In Motion dengan BlackBerry World.

"Trend menunjukkan konsumen akan semakin banyak mengunduh aplikasi game dan berbagai layanan untuk ponsel pintar dan tablet mereka," kata analis IHS iSuppli, Jack Kent seperti dikutip Cnet, hari ini.

Dalam bisnis toko aplikasi, Apple adalah perusahaan pelopor dan berhasil meraup pendapatan sebesar US$ 2,91 miliar dari Apple App Store tahun lalu. "Apple menguasai 3/4 pasar aplikasi," kata Kent.

Namun, dia memperkirakan pada tahun 2014, pangsa pasar Apple akan menurun sebesar 60 persen lantaran semakin banyaknya pemain di toko aplikasi. Salah satu yang memicu merosotnya popularitas Apple adalah kehadiran Android Market yang diperkirakan tumbuh sampai 295 persen pada tahun depan.

Adapun di tempat ketiga ada BlackBerry World buatan RIM dengan pertumbuhan 69,2 persen. Sementara Nokia menempati posisi keempat dengan pendapatan sekitar US$ 201 juta.

Bagaimana dengan Windows Marker Place dari Microsoft? Menurut IHS iSuppli, peringkat pasar aplikasi buatan Microsoft ini masih belum jelas karena menunggu realisasi kerja sama dengan Nokia untuk membuat ponsel cerdas berplatform Windows Phone 7.

sumber :tempointeraktif.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Grocery Coupons